Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Halo teman-teman! Tahukah kalian bahwa makan bawang putih mentah bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh? Ya, benar! Meskipun rasanya cukup kuat dan menyengat, bawang putih mentah kaya akan nutrisi dan senyawa aktif yang baik untuk menjaga kesehatan kita. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa manfaat dari mengonsumsi bawang putih mentah secara teratur. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mentah telah dikenal sebagai bahan makanan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan bawang putih mentah mengandung senyawa allicin yang memiliki efek antibakteri, antijamur, dan antivirus. Allicin merupakan senyawa yang dihasilkan saat bawang putih dipotong atau dihancurkan, dan terbukti sangat efektif dalam membunuh mikroorganisme yang merusak kesehatan tubuh.

Manfaat bawang putih mentah dalam meningkatkan kekebalan tubuh adalah kemampuannya untuk merangsang produksi sel darah putih oleh tubuh. Sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan bakteri, virus, dan parasit yang masuk ke dalam tubuh. Semakin banyak sel darah putih di dalam tubuh, semakin kuat pula sistem kekebalan tubuh kita dalam melawan penyakit.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah dapat membantu meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih, terutama sel NK (Natural Killer). Sel-sel NK bertanggung jawab untuk melawan sel-sel yang telah terinfeksi virus maupun sel-sel tumor dalam tubuh. Dengan meningkatkan aktivitas sel-sel NK kita dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit, termasuk kanker.

Selain itu, bawang putih mentah juga mengandung senyawa lain seperti flavonoid dan sulfur yang juga berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Flavonoid dan sulfur merupakan senyawa yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas dan peradangan. Dengan begitu tubuh kita akan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Bawang putih mentah juga kaya akan vitamin C, B6, dan Mangan. Vitamin C dan B6 juga dikenal sebagai vitamin yang penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh karena keduanya berperan dalam meningkatkan produksi sel darah putih. Sementara itu, mangan membantu dalam produksi enzim yang berperan penting dalam melawan radikal bebas dalam tubuh.

Secara keseluruhan, mengonsumsi bawang putih mentah secara teratur dan dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi bawang putih secara berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada lambung dan sistem pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya mengonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah yang wajar dan dengan cara yang tepat.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Bawang putih adalah bahan dapur yang sangat umum digunakan di seluruh dunia. Terlebih lagi, bawang putih mentah telah dianggap sebagai suplemen herbal yang efektif dalam menjaga kesehatan. Menurut beberapa penelitian, makan bawang putih mentah dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling umum dan mematikan di dunia. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa risiko penyakit jantung dapat dikurangi melalui perubahan gaya hidup dan makanan. Salah satu perubahan makanan yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan bawang putih mentah ke dalam diet Anda.

Allicin adalah senyawa aktif dalam bawang putih yang dianggap bertanggung jawab untuk manfaat kesehatan bawang putih. Sifat allicin sebagai anti-inflamasi, antioksidan dan penurun kolesterol telah terbukti dalam banyak studi. Terdapat banyak cara untuk menambahkan bawang putih mentah ke dalam diet Anda, seperti dicampur ke dalam smoothie, saus salad atau dimakan langsung sebagai bahan makanan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2016 dalam Journal of Nutrition menyimpulkan bahwa bawang putih mentah dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian ini melibatkan 42 orang dengan kadar kolestrol tinggi. Setengah dari peserta menerima suplemen bawang putih mentah, sementara setengah lainnya menerima plasebo selama 12 minggu. Hasil menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mentah dapat mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah pada orang dengan kadar kolestrol tinggi.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa memberikan bawang putih mentah kepada tikus selama empat minggu mengurangi risiko penyakit jantung. Tikus yang diberikan bawang putih mentah mengalami penurunan tingkat kolesterol dan peradangan di dalam tubuh. Hasil ini memberikan petunjuk bahwa bawang putih mentah mungkin memiliki pengaruh serupa pada manusia.

Tidak hanya berguna untuk kesehatan jantung, bawang putih mentah juga telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan lainnya. Beberapa manfaat kesehatan lainnya termasuk mengurangi risiko kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu mengurangi gejala pilek.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua orang cocok makan bawang putih mentah. Beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti perut kembung atau sakit kepala setelah makan bawang putih mentah. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkan bawang putih mentah ke dalam diet Anda, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Secara keseluruhan, makan bawang putih mentah dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Senyawa allicin yang terkandung di dalamnya dapat memberikan manfaat kesehatan pada jantung dan pembuluh darah. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkan bawang putih mentah ke dalam diet Anda untuk memastikan kesehatan Anda tetap terjaga.

Mencegah Kanker

Bawang putih mentah telah dikenal sejak lama memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Kandungan zat allicin di dalamnya memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Zat ini dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan menghilangkan sel-sel yang sudah berkembang menjadi kanker dalam tubuh. Selain itu, zat allicin juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu melawan segala jenis infeksi yang dapat menyebabkan kanker.

Manfaat lain dari bawang putih mentah dalam mencegah kanker adalah mengandung senyawa organosulfur yang membantu melawan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Selain itu, senyawa organosulfur juga dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi bawang putih mentah secara teratur dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara, kanker paru-paru, kanker lambung, kanker prostat, dan kanker usus besar. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mentah secara teratur dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 50 persen!

Tidak hanya itu, bawang putih mentah juga dapat membantu mengurangi efek samping dari kemoterapi pada penderita kanker. Kandungan zat allicin di dalamnya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu menjaga kondisi tubuh selama proses kemoterapi.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi bawang putih mentah sebaiknya tidak berlebihan. Sebab, konsumsi bawang putih mentah dalam jumlah besar dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mulai dari perut kembung hingga diare. Selain itu, bawang putih mentah juga dapat meningkatkan risiko pendarahan pada orang yang sedang menjalani pengobatan dengan obat-obatan pengencer darah. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi bawang putih mentah secara teratur.

Simpulnya, bawang putih mentah memang memiliki manfaat yang besar dalam mencegah kanker. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mengonsumsi bawang putih mentah secara teratur sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi bawang putih mentah secara berlebihan dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika ada kekhawatiran terkait dengan kesehatan kita.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Bawang putih mentah menjadi salah satu solusi pengurang kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan allicin dalam bawang putih mentah sudah terkenal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Menurut American Heart Association, LDL atau kolesterol jahat adalah faktor pemicu utama penyakit jantung dan itu bisa dideteksi melalui tes kolesterol darah.

Tes skrining kolesterol sebaiknya dilakukan setiap lima tahun bagi orang dewasa dan mereka yang memiliki risiko faktor penyakit jantung. Sehingga, dengan meminum jus bawang putih mentah secara teratur, bisa ditekan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Mengonsumsi bawang putih mentah secara teratur, sekitar 4-5 gram setiap hari selama 2 bulan, dapat mengurangi kadar kolesterol LDL hingga 10 persen. Walaupun, kadar kolesterol dipengaruhi oleh banyak faktor seperti usia, pola makan, jenis kelamin, genetik, dan lainnya.

Para peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari selama 12 minggu bisa membuat kadar kolesterol total dalam tubuh menurun. Bahkan, kolesterol jahat atau LDL bisa ditekan hingga 10 persen. Selain itu, kolesterol baik atau HDL juga semakin bertambah.

Bahkan, tidak hanya pada manusia, tetapi beberapa studi pada hewan juga menemukan bahwa bawang putih mentah memiliki kadar kolesterol yang mampu menurunkan efek jangka panjang. Misalnya, pada studi hewan dengan diet tinggi lemak, menyebabkan kandungan triglycerides meningkat menjadi 42%, tetapi dengan ekstrak bawang putih mentah kadar tersebut semakin menurun menjadi 17%.

Berbicara mengenai keuntungan lain dari bawang putih mentah, tidak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, juga membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi flu, batuk, demam, dan lainnya.

Itulah beberapa manfaat bawang putih mentah dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, sumber makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan dan kelapa juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, hindari makanan mentah, gorengan, dan makanan yang mengandung lemak jahat.

Jika terus mengalami kolesterol tinggi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan terapi yang tepat. Jadi, konsumsi bawang putih mentah dengan dosis yang tepat dan atur gaya hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Bawang putih mentah telah lama digunakan sebagai obat alami untuk menangani masalah pencernaan. Konsumsi bawang putih mentah dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara berikut:

1. Memperbaiki sistem pencernaan

Bawang putih mentah dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan seperti melancarkan pergerakan usus dan menyeimbangkan mikroba di dalam saluran pencernaan. Senyawa organosulfur yang terdapat dalam bawang putih mentah mampu membunuh bakteri jahat seperti Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan infeksi pada lambung dan kerusakan pada sistem pencernaan. Selain itu, bawang putih mentah juga dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus.

2. Mencegah sakit perut

Konsumsi bawang putih mentah secara teratur dapat membantu mencegah terjadinya sakit perut yang disebabkan oleh gangguan pencernaan. Senyawa organosulfur dalam bawang putih mentah dapat membantu meredakan gas dan kembung pada perut, sehingga membuat perut menjadi lebih nyaman dan mengurangi risiko terkena sakit perut akibat infeksi bakteri.

3. Menjaga kesehatan hati

Bawang putih mentah juga dapat membantu menjaga kesehatan hati. Hati adalah organ vital yang bertanggung jawab untuk memecah lemak dan memproses nutrisi yang kita konsumsi. Konsumsi bawang putih mentah secara teratur dapat membantu mengurangi kerusakan sel hati dan meningkatkan fungsi hati. Senyawa allicin dalam bawang putih mentah dapat membantu membersihkan racun dalam hati dan meningkatkan produksi enzim hati yang membantu memecah lemak.

4. Meredakan sembelit

Sakit perut dan sembelit adalah masalah yang umum terjadi pada sistem pencernaan. Konsumsi bawang putih mentah dapat membantu meredakan sembelit dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Senyawa sulfur dalam bawang putih mentah dapat membantu melancarkan pergerakan usus dan membersihkan saluran pencernaan dari racun dan bakteri jahat yang mengganggu sistem pencernaan.

5. Mencegah kanker

Bawang putih mentah mengandung senyawa allicin, diallyl disulfide, dan s-allyl cysteine yang dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya kanker pada sistem pencernaan. Senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat memerangi sel-sel kanker dan memperbaiki kerusakan sel yang terjadi pada sistem pencernaan. Konsumsi bawang putih mentah secara teratur dapat membantu mencegah terjadinya kanker pada lambung, usus besar, dan pankreas.

Bawang putih mentah menjadi salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Konsumsi bawang putih mentah secara teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan sistem pencernaan, mulai dari memperbaiki sistem pencernaan, mencegah sakit perut, menjaga kesehatan hati, meredakan sembelit, hingga mencegah kanker pada sistem pencernaan. Namun, terlalu banyak konsumsi bawang putih mentah dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan pencernaan dan napas bau. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi bawang putih mentah dengan proporsi yang tepat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah kesehatan atau sedang menjalani pengobatan tertentu.

Sekian artikel tentang manfaat makan bawang putih mentah untuk kesehatan tubuh. Dari sekian banyak manfaatnya, bawang putih mentah terbukti memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan imunitas dan mencegah berbagai penyakit. Meskipun memiliki aroma yang kuat dan rasa yang pedas, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan sehat dan bergizi untuk kesehatan tubuh yang lebih baik. Terima kasih telah membaca!

Leave a Comment