Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Halo semua, dalam dunia kuliner, bawang putih adalah bahan dasar yang seringkali digunakan. Namun, tahukah kamu bahwa bawang putih yang sudah diolah dengan cara pengasapan dan difermentasi disebut sebagai black garlic memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa? Black garlic dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk, simak selengkapnya tentang manfaat black garlic untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui!

Pengenalan Black Garlic

Black garlic atau bawang hitam dikenal sebagai salah satu superfood yang berasal dari Korea. Meskipun namanya mengandung kata hitam, bukan berarti bawang yang satu ini dibiarkan sampai busuk. Melainkan bawang putih biasa yang diproses melalui fermentasi selama berhari-hari hingga berwarna coklat kehitaman dan rasanya menjadi manis.

Cara pembuatannya pun cukup sederhana yaitu dengan memasukkan bawang putih ke dalam ruangan tertutup, kemudian mengatur suhu dan kelembaban dalam ruangan tersebut agar bawang putih mengalami fermentasi. Selama proses ini terjadi, bawang putih mengalami perubahan warna, aroma, dan tekstur.

Dalam beberapa tahun terakhir, black garlic semakin populer di Indonesia, terutama di kalangan vegetarian dan vegan. Sebab, selain memiliki rasa yang manis, bawang hitam juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat black garlic yang dapat kita dapatkan?

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai manfaat black garlic untuk kesehatan, cara penggunaannya, serta tips membeli dan menyimpannya agar tetap berkualitas.

Kandungan Nutrisi pada Black Garlic

Black garlic merupakan bawang putih yang telah diolah melalui proses pemanasan dengan suhu yang stabil dan kelembaban yang tinggi selama kurang lebih 30 hari. Selain rasanya yang tidak terlalu tajam dan memiliki aroma yang lebih enak, ternyata black garlic juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah beberapa nutrisi yang terdapat pada black garlic:

1. Antioksidan lebih tinggi

Black garlic memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibanding bawang putih biasa, hal ini dapat dilihat dari perubahan warna dan tekstur bawang putih yang menjadi lebih gelap dan karet setelah melalui proses pemanasan di dalam oven. Kandungan antioksidan pada black garlic sangat penting untuk mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit serta tubuh kita.

2. Mengandung senyawa antimikroba

Black garlic juga dikenal memiliki kandungan senyawa antimikroba seperti ajoene, allicin, dan s-allyl cysteine yang mampu membantu tubuh melawan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur seperti influenza dan infeksi saluran pernapasan. Senyawa ajoene juga memiliki kemampuan sebagai penghambat pertumbuhan virus hepatitis B dan C pada tubuh kita.

3. Kandungan Allicin yang Lebih Rendah

Allicin merupakan senyawa utama yang terdapat pada bawang putih biasa yang memiliki sifat anti inflamasi dan anti kanker. Meskipun black garlic juga memiliki kandungan allicin, namun jumlahnya lebih rendah dibanding bawang putih biasa karena telah melalui proses pemanggangan pada suhu yang tinggi dan kelembaban yang tinggi selama 30 hari.

4. Mengandung Vitamin dan Mineral Lengkap

Black garlic juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat lengkap seperti vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B6, kalsium, zat besi, seng, fosfor, dan selenium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Vitamin C pada black garlic berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh kita.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Black garlic yang kaya akan kandungan antioksidan dan senyawa antimikroba juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Kandungan serat dalam black garlic juga membantu tubuh memproses makanan dengan lebih baik sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Demikianlah beberapa kandungan nutrisi pada black garlic yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Dalam mengkonsumsi black garlic, kita sebaiknya tidak berlebihan karena kandungan zat besi yang tinggi pada black garlic dapat membahayakan bagi seseorang yang memiliki masalah kesehatan tertentu seperti penyakit hemokromatosis. Selain itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengkonsumsi black garlic secara teratur.

Manfaat Kesehatan Black Garlic untuk Tubuh

Black Garlic atau bawang hitam menjadi salah satu bahan makanan yang semakin populer karena manfaat kesehatan yang dikandungnya. Black Garlic adalah jenis bawang putih yang melalui proses fermentasi selama beberapa minggu hingga bulan lamanya. Kandungan nutrisi dan senyawa-senyawa di dalamnya pun mengalami perubahan dan terbentuklah senyawa baru yang memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Berikut adalah manfaat kesehatan black garlic untuk tubuh:

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Black Garlic mengandung senyawa aktif S-allyl cysteine (SAC), yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam black garlic juga membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya peradangan di pembuluh darah dan mencegah risiko terkena penyakit jantung.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Black Garlic juga mengandung senyawa aktif allicin, yang memiliki efek antimikroba dan antivirus. Senyawa ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi virus dan bakteri.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam black garlic juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menghilangkan radikal bebas yang merusak sel-sel imun tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Mencegah dan Melawan Kanker

Kandungan senyawa antikanker di dalam black garlic, seperti allixin dan diallyl disulfide, membantu mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Senyawa ini bekerja dengan cara merusak sel-sel kanker dan mencegah perkembangan tumor.

Selain itu, kandungan antioksidan dan senyawa antiinflamasi di dalam black garlic juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan peradangan yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medical Science Kagoshima di Jepang, ditemukan bahwa konsumsi black garlic secara teratur dapat membantu mencegah risiko terkena kanker. Selain itu, konsumsi black garlic juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker pada pasien yang sudah terdiagnosis kanker.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Black Garlic juga mengandung senyawa flavonoid, seperti quercetin dan kaempferol, yang membantu meningkatkan kesehatan otak dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Senyawa allicin di dalam black garlic juga membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan fungsi kognitif. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa pemberian ekstrak black garlic selama 3 bulan dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat pada tikus yang sudah mengalami penurunan fungsi kognitif.

Itulah beberapa manfaat kesehatan black garlic yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi black garlic juga harus dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan dosis yang tepat. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi black garlic secara teratur.

Cara Mengonsumsi Black Garlic untuk Mendapatkan Manfaat Terbaik

Black garlic merupakan bawang putih yang telah difermentasi selama beberapa minggu sehingga teksturnya menjadi seperti kismis dengan warna hitam pekat. Selain rasanya yang lezat, black garlic juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari black garlic, berikut cara mengonsumsinya:

1. Konsumsi Segar

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi black garlic secara langsung atau segar. Anda bisa memakannya setiap hari sebanyak satu sampai dua siung. Dalam kandungan black garlic yang segar terdapat senyawa alil sulfida yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, black garlic juga dapat membantu melawan radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Tambahkan ke Makanan

Jika tidak cocok dengan rasa black garlic yang khas, Anda bisa menambahkannya dalam variasi makanan seperti sup, pizza, salad, atau saus. Black garlic akan menambahkan rasa yang lebih nikmat dan memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan. Cara ini dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh, membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta meningkatkan fungsi otak.

3. Minuman Kesehatan

Black garlic juga bisa dijadikan sebagai minuman kesehatan. Caranya dengan merendam beberapa siung black garlic dalam air selama beberapa jam, kemudian tambahkan madu atau jahe untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Minuman ini tidak hanya membantu mengobati batuk dan pilek, tetapi juga mampu mengurangi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Suplemen Makanan

Bagi yang tidak suka dengan rasa bawang putih hitam yang khas, dapat menggunakan black garlic dalam bentuk suplemen makanan. Hal ini sangat cocok bagi yang ingin mendapatkan manfaat black garlic dengan mudah tanpa harus merasakan rasa dan aromanya. Suplemen makanan black garlic dapat membantu memperbaiki kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Terkadang suplemen black garlic sendiri tidak terlalu mudah untuk didapatkan, namun kini telah tersedia dalam bentuk kombinasi dengan suplemen lainnya seperti ubi jalar dan spirulina.

Kesimpulan

Black garlic adalah bawang putih yang mengalami fermentasi selama beberapa minggu hingga menghasilkan warna hitam pekat. Cara mengonsumsinya bisa dilakukan dengan memakannya segar, menambahkan pada makanan, minuman kesehatan, atau dalam bentuk suplemen. Selain dengan rasa yang nikmat, black garlic juga memberikan manfaat kesehatan, seperti membantu menurunkan kadar kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta membantu mengobati batuk dan pilek.

Efek Samping dari Konsumsi Black Garlic secara Berlebihan

Black garlic atau bawang hitam dikenal sebagai superfood yang banyak dijadikan sebagai bahan makanan dan obat-obatan. Mengonsumsi black garlic dapat membantu meningkatkan kesehatan, baik untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga mengurangi risiko kanker. Namun, seperti halnya konsumsi makanan dan minuman lainnya, konsumsi black garlic berlebihan juga bisa membawa efek samping bagi kesehatan tubuh manusia.

Mungkin saja terdapat beberapa orang yang belum mengetahui efek samping dari konsumsi black garlic secara berlebihan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa efek samping dari konsumsi black garlic secara berlebihan.

1. Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi black garlic secara berlebihan dapat memicu gangguan pencernaan. Hal ini terjadi akibat ketidakseimbangan kadar asam lambung yang berlebihan saat proses pencernaan. Terlalu banyak asam lambung di dalam tubuh dapat berdampak pada perasaan mual, kembung, dan mulas. Oleh karena itu, konsumsi black garlic sebaiknya tidak berlebihan agar tidak mengganggu sistem pencernaan kita.

2. Menimbulkan Gejala Alergi

Beberapa orang yang mengonsumsi black garlic secara berlebihan mungkin saja mengalami gejala alergi seperti gatal-gatal, bengkak, atau ruam pada kulit. Gejala alergi tersebut disebabkan oleh kandungan histamin dalam black garlic. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi black garlic, pastikan bahwa tubuh Anda tidak memiliki riwayat alergi.

3. Menimbulkan Efek Samping pada Rahim dan Kelenjar Thymus

Meskipun begitu, efek samping dari konsumsi black garlic secara berlebihan bukan hanya terbatas pada gangguan pencernaan dan gejala alergi. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi black garlic dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping pada rahim dan kelenjar thymus. Hal ini terjadi akibat kandungan phytoestrogen dalam bawang hitam.

Phytoestrogen adalah senyawa alami dalam tumbuhan yang dapat menstimulasi produksi estrogen di dalam tubuh manusia. Jika dikonsumsi secara berlebihan, phytoestrogen dapat mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh.

4. Menimbulkan Efek Samping pada Ginjal

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi black garlic secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping pada ginjal. Hal ini terjadi akibat kandungan saponin dalam bawang hitam yang dapat mempengaruhi kerja ginjal. Konsumsi black garlic sebaiknya dilakukan dengan porsi yang tepat agar tidak mengganggu kesehatan ginjal kita.

5. Mengganggu Kerja Obat-Obatan

Terakhir, efek samping dari konsumsi black garlic secara berlebihan dapat mengganggu kerja obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Hal ini terjadi akibat interaksi antara kandungan senyawa dalam black garlic dengan obat-obatan yang sedang dikonsumsi, sehingga dapat mengurangi efektivitas obat yang dikonsumsi. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi black garlic secara rutin, sebaiknya jangan lupa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikianlah beberapa efek samping dari konsumsi black garlic secara berlebihan. Oleh karena itu, konsumsi black garlic sebaiknya dilakukan dalam jumlah yang wajar agar tidak mengganggu kesehatan tubuh kita. Sebaiknya jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Terkadang, makanan sehat belum tentu memiliki rasa yang enak. Namun, hal itu berbeda dengan black garlic. Bukan hanya memberikan rasa yang enak untuk masakan, black garlic juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh kita. Dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mencoba black garlic sebagai tambahan dalam diet sehat kamu. Yuk, coba deh!

Leave a Comment