Manfaat Berkencur dengan Beras Kencur

Hai, teman-teman! Apakah kalian sudah pernah mencoba berkencur dengan beras kencur? Kalau belum, sebaiknya mencobanya! Karena tidak hanya rasanya yang nikmat, beras kencur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak bersama-sama.

Apa Itu Beras Kencur?

Beras kencur, di Indonesia dikenal sebagai jamu beras kencur, adalah minuman tradisional yang terbuat dari beras, kunyit, jahe, dan kencur. Bahan-bahan alami ini dikombinasikan dengan gula merah, garam, dan air, dan kemudian dipanaskan hingga matang.

Minuman khas Indonesia ini banyak ditemukan di pasar tradisional dan juga di kedai-kedai kopi. Umumnya, beras kencur dihidangkan sebagai minuman hangat atau dingin, tergantung pada selera dan cuaca.

Beras kencur memiliki cita rasa manis dan pedas yang khas, serta aroma wangi yang menyegarkan. Selain menjadi sumber energi dan menjaga kesehatan tubuh, minuman ini juga dikonsumsi sebagai obat tradisional untuk beberapa penyakit, seperti masuk angin, sakit kepala, dan masalah pencernaan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat beras kencur secara lebih mendetail, sehingga Anda dapat memahami mengapa minuman tradisional ini sangat disukai dan biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Kandungan Nutrisi pada Beras Kencur

Beras kencur adalah campuran antara beras dan kencur yang menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Selain memiliki rasa yang unik dan lezat, beras kencur juga terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu faktor yang membuat beras kencur begitu bermanfaat adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi pada beras kencur yang perlu diketahui:

1. Karbohidrat

Beras kencur mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat pada beras kencur bersifat kompleks, yang lebih sulit dicerna dan diserap oleh tubuh. Sehingga, kadar glukosa dalam darah dijaga tetap stabil tanpa menimbulkan lonjakan gula darah yang tinggi. Selain itu, karbohidrat pada beras kencur juga dapat membantu menjaga keseimbangan berat badan dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

2. Serat

Beras kencur juga kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Serat pada beras kencur berfungsi membantu memperlancar proses pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit seperti diabetes, kanker usus, dan penyakit jantung. Dalam setiap 100 gram beras kencur, terdapat sekitar 1,7 gram serat.

3. Vitamin dan mineral

Beras kencur juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan, seperti vitamin B1, B2, dan C serta mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan vitamin B pada beras kencur sangat baik untuk sistem saraf, otak, dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit seperti Alzheimer. Sedangkan, vitamin C pada beras kencur membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit. Mineral kalsium dan fosfor pada beras kencur juga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Sementara itu, mineral zat besi sangat penting untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

4. Antioksidan

Beras kencur juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan pada beras kencur berfungsi untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh. Dalam setiap 100 gram beras kencur, terdapat sekitar 0,3 mg vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

5. Protein

Protein pada beras kencur juga cukup tinggi dengan kandungan sekitar 7,4 gram dalam setiap 100 gramnya. Protein sangat penting bagi pembentukan sel-sel baru dalam tubuh dan juga membantu proses penyembuhan luka. Selain itu, protein juga membuat tubuh menjadi lebih bertenaga dan dapat membantu menjaga kekuatan otot.

Itulah beberapa kandungan nutrisi pada beras kencur yang perlu diketahui. Karena itu, konsumsi beras kencur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Beras Kencur

Beras kencur atau lebih dikenal sebagai jamu beras kencur adalah jenis minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang diolah bersama dengan kencur, gula jawa, jahe, dan kayu manis. Banyak orang yang sudah mengenal manfaat kesehatan dari konsumsi beras kencur. Beras kencur memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari konsumsi beras kencur.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan kencur pada beras kencur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kencur mengandung senyawa antiseptik yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Senyawa tersebut juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang sangat penting untuk menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tubuh akan lebih mudah melawan berbagai macam penyakit dan infeksi.

2. Mengatasi Masalah Perut

Kencur dan rempah-rempah lain yang terkandung dalam beras kencur dapat membantu mengatasi masalah perut seperti mual, kembung, dan diare. Kencur dapat memiliki efek astringen dan membantu menghilangkan radang usus, jahe dan kayu manis membantu meredakan nyeri perut dan mengurangi inflamasi. Selain itu, kandungan serat pada beras ketan dapat membantu mengatasi sembelit atau konstipasi. Dalam jangka panjang, konsumsi beras kencur secara rutin dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Beras kencur mengandung beberapa nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Seperti halnya jahe dan kayu manis yang diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Kandungan antioksidan pada beras kencur juga dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jantung. Konsumsi beras kencur secara rutin dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Selain manfaat di atas, beras kencur juga dapat menyegarkan tubuh, membantu mengatasi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, sangatlah dianjurkan untuk mengonsumsi beras kencur secara rutin dalam keseharian Anda.

Efek Samping dan Peringatan Konsumsi Beras Kencur

Beras Kencur tak dapat dipungkiri mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia, namun sebagaimana produk herbal terkandung beberapa efek samping dan peringatan untuk diambil. Adapun efek samping dan peringatan berikut ini perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi beraskencur secara terus menerus.

1. Menimbulkan Efek Samping alergi

Kadar asam dalam beras kencur bisa timbulkan efek alergi pada sebagian orang. Ciri-ciri alergi yang bisa di alami adalah perih pada mata, tertutup hidung, kulit gatal dan muntah-muntah.

2. Tidak boleh dikonsumsi ibu hamil dan menyusui

Konsumsi suplemen Beras kencur tidak dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil dan para ibu yang sedang dalam masa menyusui. Karena bahan-bahan yang diketahui terkandung dalam beraskencur belum diketahui aman atau tidak bagi janin di kandungan atau calon bayi yang masih dalam masa menyusui.

3. Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Beras kencur mengandung karbohidrat cukup tinggi dan dapat mempengaruhi kadar gula darah. Bagi penderita diabetes lebih baik memperhatikan batasan dosis dalam mengonsumsi beraskencur.

4. Berisiko Perihal Tekanan Darah

Meskipun beras kencur dikatakan baik untuk kesehatan jantung, tetapi belum terbukti bermanfaat bagi penderita dengan tekanan darah yang tinggi. Bahkan, mereka yang diwajibkan untuk membatasi konsumsi garam perlu memperhatikan batasan dalam mengonsumsi beraskencur. Karena di dalam Beraskencur mengandung kandungan natrium yang juga bisa mempengaruhi tekanan darah.

5. Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pengobatan Darah Muda

Konsumsi beras kencur bersama dengan obat darah muda akan menghambat kerja obat. Oleh karenanya, sebaiknya jarak pertemuan konsumsi beraskencur dan juga pengobatan darah muda itu diatur dalam dua jam.

Sebelum mengonsumsi Beras Kencur, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, utamanya bagi orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Kesimpulannya, Beras Kencur memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Namun peringatan serta efek sampingnya juga perlu di perhatikan dengan ketat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia tetap terkontrol. Bagaimanapun kesehatan adalah yang utama, dengan mengetahui efek samping dan peringatan konsumsi Beras Kenkur secara detail diharapkan bisa melindungi kesehatan tubuh kita dari efek samping yang tak diinginkan.

Itu dia, manfaat berkencur dengan beras kencur. Ternyata, keduanya memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Mulai dari membantu mengatasi masalah pencernaan, menangkal radikal bebas, hingga mencegah penyakit kanker. Baik berkencur atau beras kencur, keduanya dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional atau toko-toko kesehatan. Jangan lupa untuk mengonsumsinya dengan bijak dan sesuai dengan anjuran ahli. Terima kasih telah membaca dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment