Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Halo, Pembaca yang budiman! Apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia, ya. Sudah tahu belum tentang manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan? Bengkoang atau jicama adalah buah yang sering digunakan sebagai bahan campuran salad atau jus. Selain rasanya segar dan manis, ternyata bengkoang juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kulit lho. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Kandungan Nutrisi dalam Bengkoang

Bengkoang, juga dikenal sebagai ubi jalar putih, adalah tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan. Namun, saat ini buah ini telah tersebar di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini memiliki kulit yang gampang dikupas dan berwarna putih dengan rasa manis yang sedikit. Disamping rasanya yang enak, buah ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi dalam bengkoang:

1. Serat Tinggi

Bengkoang merupakan sumber serat yang cukup tinggi. Bagi orang yang menderita sembelit atau susah buang air besar, konsumsi bengkoang dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Serat juga berfungsi untuk menjaga kesehatan usus dengan mengikat dan mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan dari saluran pencernaan.

Serat dalam bengkoang terdapat pada daging buah serta kulit dan memiliki efek yang berbeda. Serat dalam kulit bengkoang bersifat lebih kasar, hal ini disebabkan oleh kandungan lignin di dalamnya. Sementara pada daging buah, serat tersebut berbentuk cellulose dan hemicellulose yang lebih lunak dan mudah dipecah oleh tubuh.

Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, bengkoang juga bisa menjadi pilihan makanan yang baik. Serat dalam bengkoang dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu mengekang nafsu makan. Selain itu, bengkoang juga memiliki asam folat dan vitamin C yang membantu mempercepat metabolisme tubuh dan menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

2. Kaya Akan Antioksidan

Bengkoang juga dikenal sebagai sumber antioksidan, dengan kandungan yang lebih tinggi dari apel dan jeruk. Antioksidan sangat berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh. Bengkoang mengandung senyawa fenolik seperti asam klorogenat, katekin, dan epikatekin yang menjadi sumber antioksidan dalam buah ini.

Dalam sebuah penelitian, senyawa fenolik dalam bengkoang dapat melindungi sel-sel busa di hati manusia dari kerusakan oksidatif. Kerusakan pada sel busa dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan, seperti hepatitis, sirosis, dan kanker hati.

3. Sumber Vitamin C

Bengkoang juga merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu tubuh menyerap zat besi seperti yang terdapat pada makanan nabati. Ini juga membantu dalam produksi kolagen, yang membantu dalam penyembuhan luka, dan menjaga kulit tetap sehat.

Dalam satu cangkir bengkoang yang diiris, terdapat sekitar 20% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung potasium yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Mengandung Enzim Anti-inflamasi

Bengkoang juga mengandung enzim yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini memiliki sifat anti-inflamasi, yang efektif dalam meredakan inflamasi di tubuh dan mengurangi bahaya penyakit lain yang dapat terjadi karena inflamasi berlebihan dalam tubuh.

Bromelain dalam bengkoang juga dapat membantu dalam pencernaan dan membantu memecah protein dalam makanan. Hal ini membantu mengurangi rasa tidak nyaman seperti gas, kembung, dan perut kembung.

Demikianlah beberapa manfaat bengkoang yang berguna untuk kesehatan anda. Kini, Anda dapat memasukkan bengkoang ke dalam menu makanan sehari-hari anda dan menjaga kesehatan anda secara optimal.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Bengkoang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama dalam hal menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C, vitamin B-kompleks, serat, mineral, dan antioksidan dalam bengkoang menjadikannya sebagai pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai bahan alami dalam perawatan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat bengkoang dalam menjaga kesehatan kulit:

1. Mencerahkan Kulit

Kulit yang cerah dan berseri-seri tentu saja menjadi dambaan semua orang. Bengkoang mengandung enzim tyrosinase yang dapat membantu menghambat produksi melanin berlebih pada kulit. Melanin adalah pigmen alami yang dapat menyebabkan kulit menjadi gelap. Dengan mengurangi produksi melanin, bengkoang dapat membantu mencerahkan kulit secara alami dan memperbaiki penampilan kulit yang gelap dan kusam.

2. Meremajakan Kulit

Selain mencerahkan kulit, bengkoang juga dapat membantu meremajakan kulit dengan cara menyuplai nutrisi penting yang diperlukan oleh kulit. Kandungan vitamin C dalam bengkoang menjadi salah satu faktor yang berperan penting dalam proses peremajaan kulit. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit. Selain itu, antioksidan juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

Manfaat lain dari bengkoang yang berguna untuk meremajakan kulit adalah kandungan mangan dan fosfor yang dapat meningkatkan fungsi sel dan memperbaiki produksi kolagen pada kulit. Kolagen adalah protein penting yang memperkuat dan memberikan kekenyalan pada kulit.

3. Menjaga Kelembaban Kulit

Efek samping paparan sinar matahari, polusi, dan cuaca yang ekstrem dapat membuat kulit menjadi kering dan kasar. Bengkoang mengandung banyak air serta serat yang dapat membantu menjaga kelembaban alami kulit. Kandungan air dalam bengkoang dapat membantu melembapkan kulit dan membuatnya terasa lebih lembut dan halus. Sedangkan serat dalam bengkoang dapat membantu menjaga kelembaban kulit dengan cara menghambat penguapan air dari permukaan kulit.

4. Menghilangkan Noda pada Kulit

Bengkoang memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menghilangkan noda pada kulit. Noda pada kulit biasanya disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan, paparan sinar UV, atau peradangan kulit akibat jerawat. Bengkoang dapat membantu mengatasi hal tersebut dan secara bertahap membuat kulit lebih bersih dan bebas dari noda.

5. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Bengkoang mengandung enzim bromelain yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat. Selain itu, kandungan vitamin C dalam bengkoang juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan menjaga keseimbangan pH kulit. Hal ini dapat membantu mencegah timbulnya jerawat secara berulang.

Itulah beberapa manfaat bengkoang dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk mengoptimalkan manfaat dari bengkoang, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai masker wajah atau scrub serta menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan bengkoang sebagai salah satu bahan perawatan kulit alami.

Mengurangi Risiko Kanker

Bengkoang, yang juga dikenal dengan nama jicama, tapeh, atau konjac, dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk mengurangi risiko kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan alami bengkoang yang kaya akan antioksidan dan senyawa fitokimia lainnya yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

Antioksidan yang ditemukan dalam bengkoang adalah vitamin C, E, dan beta-karoten. Manfaat dari antioksidan terletak pada kemampuannya untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Antioksidan juga dapat menjaga kesehatan sel dan DNA tubuh, yang merupakan faktor penting dalam mencegah perkembangan kanker.

Selain itu, bengkoang juga mengandung senyawa fitokimia seperti inulin, kaempferol, dan quercetin. Senyawa-senyawa ini membantu dalam melindungi tubuh dari inflamasi dan kerusakan sel. Inflamasi yang kronis dan kerusakan sel dapat menyebabkan perkembangan kanker. Kehadiran senyawa fitokimia dalam bengkoang menjadikannya bahan makanan yang sangat berguna dalam mencegah risiko kanker.

Selain membantu mencegah kanker, bengkoang juga telah terbukti dapat membantu menangani kanker yang sudah ada. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal International Immunopharmacology menunjukkan bahwa senyawa-senyawa aktif dalam bengkoang dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan memicu kematian sel kanker secara selektif.

Bengkoang juga mengandung senyawa kolin, yang dapat membantu menjaga kesehatan sel dan tubuh secara keseluruhan. Kolin diperlukan untuk produksi fosfolipid, salah satu komponen utama sel pada tubuh manusia. Kandungan kolin dalam bengkoang sebanding dengan kandungan kolin yang terdapat dalam telur, dan bahkan lebih tinggi dari kandungan kolin yang terdapat dalam susu sapi.

Tidak hanya memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa, bengkoang juga mudah ditemukan di seluruh negeri dengan harga yang sangat terjangkau. Anda dapat menikmati manfaat kesehatannya dengan memasukkan bengkoang dalam menu makanan Anda, seperti dikonsumsi mentah sebagai salad atau dimasak sebagai campuran sayuran pada masakan sehari-hari.

Karena bengkoang adalah bahan makanan yang sangat alami dan bergizi, Anda tidak perlu khawatir akan efek samping yang terkait dengan penggunaan bahan-bahan kimia dalam makanan lainnya. Maka dari itu, jangan ragu untuk menambahkan bengkoang dalam menu makanan Anda secara rutin, agar memberikan manfaat kesehatan terbaik, termasuk mengurangi risiko kanker, dan menjadikan hidup Anda menjadi lebih sehat dan bahagia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Bengkoang, atau yang dikenal juga sebagai yam bean di benua Eropa dan Amerika, adalah salah satu jenis umbi-umbian yang sangat kaya akan manfaat kesehatan. Tidak hanya baik untuk kulit dan pencernaan, namun konsumsi bengkoang juga telah terbukti dapat menjaga kesehatan jantung seseorang.

Memiliki kadar kalium dan serat yang tinggi membuat bengkoang menjadi makanan yang efektif dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium adalah mineral yang sangat penting bagi kesehatan jantung, karena dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperkuat pembuluh darah. Kandungan 5% kalium pada satu cangkir bengkoang mentah dan potongan buah telah terbukti dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, bengkoang juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat atau LDL adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Mengkonsumsi 100 gram bengkoang mentah sehari dapat memberikan sekitar 4% kebutuhan serat harian seseorang. Konsumsi serat yang cukup dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain kandungan kalium dan seratnya, bengkoang mengandung senyawa antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa antioksidan dapat melindungi jantung dari kerusakan sel dan mengurangi risiko inflamasi, sedangkan vitamin C meningkatkan fungsi pembuluh darah dan memperkuat jantung. Konsumsi bengkoang juga dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

Meskipun konsumsi bengkoang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, tetapi perlu diingat bahwa hal tersebut harus diimbangi dengan pola makan yang seimbang dan gaya hidup yang sehat. Hindari konsumsi makanan yang tinggi lemak dan garam, serta perbanyak olahraga untuk menjaga kesehatan jantung secara optimal.

Demikianlah beberapa manfaat bengkoang untuk menjaga kesehatan jantung seseorang. Dengan mengkonsumsi bengkoang secara teratur dan menjaga pola makan yang seimbang, kita dapat mencegah risiko penyakit jantung dan stroke yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan hidup kita.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bengkoang adalah salah satu buah yang cukup populer di Indonesia dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan baku kuliner, bengkoang juga dikenal memiliki khasiat untuk membantu menurunkan berat badan. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat bengkoang dalam menurunkan berat badan:

1. Rendah Kalori

Bengkoang merupakan buah yang rendah kalori, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai camilan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Dalam 100 gram bengkoang hanya mengandung sekitar 35 kalori, sehingga bisa menjadi alternatif camilan sehat untuk menggantikan makanan ringan yang tinggi kalori seperti kue atau cokelat.

2. Serat Tinggi

Tidak hanya rendah kalori, bengkoang juga mengandung serat yang cukup tinggi. Dalam 100 gram bengkoang terdapat sekitar 4-5 gram serat. Kandungan serat ini akan membuat perut terasa lebih kenyang lebih lama sehingga membuat kita tidak mudah merasa lapar dan mencegah kita makan berlebihan.

3. Membantu Memecah Lemak

Bengkoang mengandung enzim aktif yang disebut aktinidin. Enzim ini dapat membantu memecah lemak dan protein dalam tubuh, sehingga bengkoang bisa menjadi pilihan makanan yang tepat bagi mereka yang sedang dalam program diet atau menurunkan berat badan. Tak hanya itu, bengkoang juga mengandung vitamin C yang dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

4. Mengurangi Kadar Gula Darah

Kandungan serat tinggi pada bengkoang juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, bengkoang juga mengandung inulin yang bisa membantu menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh. Jadi, bengkoang tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Lambung

Bengkoang mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan. Asupan bengkoang secara teratur dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti sakit maag, asam lambung naik, dan lain sebagainya. Sehingga dengan menjaga kesehatan lambung secara baik maka tubuh kita lebih sehat dan tentunya bisa memicu lebih cepat turunnya berat badan.

Itulah beberapa manfaat bengkoang dalam menurunkan berat badan. Namun perlu diingat, meski bengkoang memang memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan, namun tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Kuncinya adalah mengonsumsi bengkoang dalam porsi yang tepat dan seimbang dengan asupan makanan lainnya. Sebaiknya hindari juga mengonsumsi bengkoang dalam bentuk jus karena menghilangkan kandungan seratnya dan kandungan gula yang terkandung. Namun, kamu dapat mengolah bengkoang dengan cara direbus, dibuat salad atau bahkan dijadikan keripik.

It can be concluded that bengkoang is not only delicious to eat, but it also provides numerous benefits for our health and beauty. From helping to maintain healthy skin, to reducing blood pressure and preventing cancer, bengkoang is truly a miracle root. By incorporating it into our diet and skincare routines, we can reap the benefits of this amazing superfood. Thank you for reading and we hope you continue to enjoy bengkoang and its many benefits!

Leave a Comment